Minggu, 07 Agustus 2011

Ide kami untuk kejayaan indonesia

Upaya Pemerintah Indonesia merealisasikan Sasaran Pembangunan Milenium pada tahun 2015 akan sulit karena pada saat yang sama pemerintah juga harus menanggung beban pembayaran utang yang sangat besar. Program-program MDGs seperti pendidikan, kemiskinan, kelaparan, kesehatan, lingkungan hidup, kesetaraan gender, dan pemberdayaan perempuan membutuhkan biaya yang cukup besar. Merujuk data Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Departemen Keuangan, per 31 Agustus 2008, beban pembayaran utang Indonesia terbesar akan terjadi pada tahun 2009-2015 dengan jumlah berkisar dari Rp97,7 triliun (2009) hingga Rp81,54 triliun (2015) rentang waktu yang sama untuk pencapaian MDGs. Jumlah pembayaran utang Indonesia, baru menurun drastis (2016) menjadi Rp66,70 triliun. tanpa upaya negosiasi pengurangan jumlah pembayaran utang Luar Negeri, Indonesia akan gagal mencapai tujuan MDGs. (http://id.wikipedia.org/wiki/Sasaran_Pembangunan_Milenium)

Oleh karena itu kesadaran untuk bersama-sama mencapai MDG'S adalah tanggung jawab sosial kita bersama. Blog ini lahirdari project studi kasus untuk bangsa yang di laksanakan oleh Siswa/i SMAN 8 Jakarta angkatan 2013 sebagai sebuah tindak lanjut dan latihan mengenali permasalahan bangsa. proyek ini diharapkan dapat menjadi pengalaman pembelajaran yang syarat akan konteks konkrit yang terjadi dimasyarakat. proyek ini adalah wujud dari proyek kolaborasi mata pelajaran; bimbingan konseling; TIK; dan seni musik.

Maka kemudian lengkaplah tahapan pembelajaran disusun, mulai dari mengeksplorasi; menemukan dan mengusulkan solusi; dan melakukan aksi (membuat poster digital-TIK) serta memerankannya dalam kegiatan drama musikal (seni Musik)

Akhirnya dalam waktu 6 bulan dengan segala ketidaktahuan, siswa/i belajar mencari dan mengumpulkan informasi; memetakan permasalahan; dan memberikan alernative solusi secara berkelompok atas pilihan tema yang disepakati diantara 8 tujuan milenium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar